Relasi Edisi 75

Pembaca Relasi yang terkasih,
Akhir-akhir ini, seluruh Indonesia dikejutkan dengan aksi terorisme yang dilakukan oleh seluruh keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dengan anak-anaknya, baik yang remaja maupun yang masih anak-anak. Kita semua tidak habis mengerti bagaimana orangtua sanggup mengorbankan seluruh keluarganya dalam aksi bunuh diri yang sangat mengenaskan.

Ternyata ideologi radikalisme, mampu mengubah seluruh keluarga. Dalam penerbitan R75 ini, Relasi sebagai media dari Marriage Encounter yang merupakan gerakan pemerhati keluarga, mengangkat sajian utama: “Hidup dalam Kebhinnekaan“. Kebhinnekaan dikembangkan dalam keluarga. Suami-istri datang dari latar belakang berbeda, status ekonomi, pendidikan, budaya, suku, ras atau agama. Tetapi dengan semangat kesatuan yang besar, semua perbedaan tersebut membuatnya menjadi keluarga yang menghargai perbedaan, keluarga yang mementingkan persatuan. Benih benih kebhinnekaan yang disemaikan dalam keluarga, diharapkan dapat menangkal radikalisme.

Pastor Puspo membahas mengenai bagaimana sukacita injil meneguhkan kebhinnekaan keluarga. Bagaimana keterkaitan pengamalan Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai keluarga Katolik? Gereja Katolik memandang Pancasila sebagai wadah kesatuan dan persatuan nasional. Dalam artikel mengenal ME, pasutri Hardono-Ina mengingatkan kita kembali mengenai tahap-tahap komunikasi mulai dari komunikasi basa-basi sampai komunikasi perasaaan di mana kita bisa mengungkapkan diri kita yang sesungguhnya. Marriage Encounter mengajarkan, bila kita bisa berkomunikasi sampai tahap perasaan, maka relasi kita akan menjadi intim dan ini merupakan way of life dari komunitas ME.

Demikian pula berbagai sharing dan kegiatan komunitas ME di berbagai paroki/distrik dan wilayah kiranya dapat memberikan inspirasi bagi yang lain dalam menghidupkan komunitasnya masing-masing.

Untuk penerbitan yang akan datang, sajian utama yang kita angkat adalah: Gadget dalam Keluarga. Kembali kami menghimbau Anda untuk menyumbangkan naskah naskah, terutama yang berkaitan dengan pengalaman Anda dengan tema tersebut di atas. Untuk R76 ini kami memberikan prioritas naskah dari Distrik IV Surabaya, XIII Cirebon, XIV Banjarmasin, XV Pangkalpinang, XVI Samarinda, serta Wilayah Mataram dan Palangkaraya. Kami harapkan naskah sudah diterima Redaksi sebelum tanggal 7 Agusuts 2018.

Marilah berpartisipasi mengisi majalah milik Anda ini, supaya makin bermutu.

Salam hangat dan terima kasih dari seluruh Redaksi Relasi.