Relasi Edisi 74

Para pembaca Relasi terkasih,
Pernahkan kita mendengar berbagai ungkapan tentang istilah cinta? Bila kita ditanya apa itu cinta dan seberapa besar kekuatan dan pengaruhnya, apa jawaban kita? Benarkah cinta dapat mengubah segalanya seperti yang sering kita dengar dalam lagu atau kita baca dalam roman-roman picisan?

Silahkan Anda mencari jawabannya dalam sajian utama yang disampaikan oleh Pasutri Elly-Rusli, dalam artikel bertajuk Love Changes Everything yang merupakan tema R74 ini. Anda juga dapat memperluas wawasan berkaitan dengan tema ini melalui naskah yang disampaikan oleh Pastor Aristanto Msf. dan Pasutri Ina-Hardono.

Masih berkaitan dengan cinta dan perkawinan, pada Minggu kedua di bulan Februari, dunia keluarga dihangatkan dengan hari World Marriage Day (WMD) yang di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir telah dirayakan melalui berbagai cara. Sejumlah Gereja di Indonesia mencoba memberi makna WMD dalam merayakannya. Redaksi menurunkan beberapa peristiwa tentang perayaan WMD antara lain di Jakarta, Surabaya, Bogor, Malang dan Bekasi.

Dalam rubrik “Mengenal ME”, kami informasikan tentang apa dan bagaimana KD sebagai jantung gerakan ME. Bagaimana kita mengikuti KD dan sejauh mana rambu ber-KD disampaikan dalam terbitan kali ini. Selain hal-hal di atas, Pastor Hermanus Sina, SVD-Ende mengingatkan kita semua melalui rubrik “Serba-serbi”: Yang Dipersatukan Allah Jangan Diceraikan Manusia, yang dengan sangat gamblang menjelaskan tentang perkawinan Katolik, mengapa tidak dapat diceraikan? Kita juga bisa menghayati sharing komunitas ME Atambua yang merasa suka-cita sekaligus berniat untuk berjuang menjadikan ME sebagai mercusuar setelah Atambua menjadi Distrik XVIII. Kita doakan, semoga niat suci ini terwujud, bahkan menyemangati wilayah lain untuk segera berubah status menjadi distrik selanjutnya.

Terbitan R74 ini berkaitan dengan peristiwa besar bagi umat Katolik di seluruh Dunia, Paskah. Untuk itu Redaksi menurunkan renungan Paskah yang menegaskan bahwa melalui kebangkitan Kristus, keunggulan kita sebagai manusia justru dipertegas. Serta masih banyak sajian lain berupa sharing dan lain-lain yang pastinya akan meneguhkan relasi kita, maupun semangat juang kita dalam menghadapi persoalan kehidupan.

Untuk penerbitan yang akan datang, R75, Redaksi memilih tema: “Hidup dalam Kebhinekaan”. Kami sangat mengharapkan kontribusi naskah dari Anda semua, terutama sharing yang berhubungan dengan tema utama, juga mengenai kegiatan di komunitas Anda. Informasi dari Anda akan menginspirasi dan meneguhkan semangat pelayanan lainnya. Distrik dan Wilayah yang mendapat prioritas utama untuk mengirimkan naskah adalah Distrik Joglolang, Bandung, Manado, Pontianak, Wilayah Sorong dan Kupang. Naskah kami tunggu hingga 1 Mei 2018.

Segenap pengasuh Majalah Relasi menyampaikan Selamat Paskah, semoga Wafat dan Kebangkitan Kristus menjadikan kehidupan kita lebih baik dan lebih bermakna.